Saturday, 04.20.2024, 4:45 AM
Mr Blue
Welcome Guest | RSS
Main | Blog | Registration | Login
Site menu

Section categories
Bisnis [67]
Batu Permata [15]
Forex [26]
Herbal [37]
Investasi [18]
Islam [13]
Ilmu Pengetahuan [107]
Keuangan [17]
Kesehatan [47]
Kecantikan [52]
Kata Bijak Motivasi [124]
Remaja Dan Narkoba [8]
Otomotif [29]
Puisi [3]
Properti [36]
Pesta Pernikahan [1]
Sejarah [33]
Teknologi [31]

Our poll
Rate my site
Total of answers: 8

Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0

Login form

Main » 2011 » February » 24 » Yang Terlibat dalam Bisnis Properti
7:24 AM
Yang Terlibat dalam Bisnis Properti
Bisnis PropertiDalam dunia suatu ekosistem dari investasi properti, ada beberapa komponen yang mendukungnya. Beberapa komponen tersebut adalah:
          • Pengguna Properti
Yang di maksud di sini adalah orang atau organisasi / badan yang menggunakan properti itu sendiri. Bisa berupa rumah (residential), insutrial, kantor, ruko, dan sebagainya. Tiap pengguna tersebut mempunyai karakteristik sendiri. Pada dasarnya kebutuhan pokok dari pengguna adalah bagaimana bisa menempatti rumah, kantor, ruko, pabrik dan sebagainya untuk kepentingan hidup, usaha, dsb.

  • Developer Properti
Untuk pengguna dapat menggunakan propertinya maka di perlukan komponen developer. Untuk tipe residential, bisa saja developernya sendiri, dan ini masih banyak. Tapi untuk kalangan menengah ke atas, atas perumahan, apartemen, kompleks ruko, kompleks perkantoran, mall, dan sebagainya, maka developer mempunyai peranan penting dalam hal ini.

Pemilihan developer menjadi penting di sini dan menjadi salah satu kriteria bagi pengguna. Seringkali pengguna akan sangat memilih siap adeveloper dari properti yang akan di belinya. Reputasi akan mempunyai peranan penting bagi developer yang akan membangun propertinya.
  • Investor Properti
Komponen ini merupakan orang atau badan yang melakukan investasi di properti. Bisa merupakan user itu sendiri ataupun developer itu sendiri atau bahkan campuran dari padanya. Jelas tujuan utama investor adalah untuk profit. Dan sering kali 2 hal yang di cari dari investor properti adalah keuntungan yang berasal cash flow dan capital appreciation. Beberapa contoh propertinya itu sendiri bisa berupa : rumah, kios, ruko, hotel, mall, theme park, airport dll.

Untuk mereka yang mengejar cash flow, maka salah satu pertimbangan yang sangat penting adalah apakah cukup cashflow in nya untuk menutup cicilan kredit investasinya. Sedangkan mereka yang fokus pada capital appreciation, maka biasanya mereka akan membeli properti dan  properti tsb di akan HOLD dalam waktu tertentu, dan setelah kondisi memungkinkan akan dijual kembali dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan CAPITAL GAIN. Faktor lokasi akan menjadi sangat penting untuk capital growth dari properti ini.
  • Properti Agen atau Broker
Untuk melakukan transaksi properti, selain bisa langsung penjual dan pembeli, maka sekarang menggunakan jasa pihak ketiga semakin lebih umum. Pihak ketiga ini biasanya di sebut broker, properti agen atau makelar. Keuntungan yang di dapat dengan menggunakan makelar adalah bahwa mereka ahli dalam hal ini, dan mereka mempunyai sumber informasi yang sangat luas. Bahkan yang berpengalaman bisa memberikan nasehat serta pertimbangan akan properti mana yang bagus dan banyak peminatnya.
Di sisi lain, karena kita menggunakan jasa orang lain, maka tentu akan ada fee atau biaya di sana. Biaya ini bisa berkisar antara 1-2% dari harga properti.
  • Bank dan Lembaga Keuangan
Komponen ini penting untuk pembiayaan properti anda. Selain menggunakan uang sendiri, tentu diperlukan lembaga keuangan yang bisa mendukung untuk kepemilikan properti tersebut. Lembaga keungan yang paling umum di sini adalah bank.
  • PPAT dan notaris
Komponen ini yang akan mengurusi bagian hukum dari transaksi dan kepemilikan dari porperti tersebut. Komponen ini tidak bisa ditingglakan, artinya jikalau komponen yang lain seringkali bisa dilakukan sendiri, maka untuk komponen ini mau ga mau harus pake jasa yang tersedia atau di sediakan oleh pemerintah.

Setelah mengetahui komponen dari Investasi Properti Ekosistem, maka untuk menjadi properti investor yang baik diperlukan kemampuan untuk punya hubungan yang baik dengan komponen ekosistem tersebut.
Category: Properti | Views: 490 | Added by: MrBlue | Tags: Fember Sentana, Pengguna Properti, Artikel Properti, Properti, Yang Terlibat Bisnis Properti, Bisnis Properti | Rating: 0.0/0

Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Search

Calendar
«  February 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728

Entries archive

Shopping
Shopping

Visitor
free counters

Powered by MyPagerank.Net

Copyright MyCorp © 2024 Free website builderuCoz