Mengelola waktu secara efisien tidaklah sulit, asalkan anda bisa mengatur waktu anda sebaik mungkin. Berikut tip bagi anda untuk mengefisienkan waktu. Kerjakan hal yang menurut anda paling sulit. Mengapa demikian?..karena, semakin lama anda menundanya, akan semakin terasa berat pekerjaan itu. Jangan terlalu banyak membuat janji, karena bisa-bisa anda malah tidak mampu memenuhi semuanya dengan baik. Sebelum mengiyakan seuatu janji, sebaiknya terlebih dahulu anda memeriksa jadwal kerja anda. Usakan untuk selalu tepat waktu. Jika anda selalu terlambat, maka segala rencana anda hari itu akan berjalan terlambat. Buatlah target harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Target-target yang sudah tercapai sebaiknya anda beri tanda khusus. Sebaiknya anda mempunyai buku catatan untuk menyimpan catatan-catatan penting. Menulis dikertas-kertas lepas hanya akan merepotkan anda, apalagi kalau sampai terselip di antara tumpukan benda lain, anda akan butuh waktu lagi untuk mencarinya. Usahakan anda punya rencana cadangan, sehingga jika anda menghadapi kendala melaksanakan rencana yang satu, anda bisa segera mengisi waktu dengan rencana lainnya. Jika anda bisa melaksanakan tip-tip tersebut, maka semua waktu anda tidak akan sia-sia. Dan segala rencana dapat berjalan dengan baik. Selamat mencoba.
|