Nanas - 17 February 2011 - Blog - Mr Blue
Saturday, 12.03.2016, 2:36 PM
Mr Blue
Welcome Guest | RSS
Main | Blog | Registration | Login
Site menu

Section categories
Bisnis [67]
Batu Permata [15]
Forex [26]
Herbal [37]
Investasi [18]
Islam [13]
Ilmu Pengetahuan [107]
Keuangan [17]
Kesehatan [47]
Kecantikan [52]
Kata Bijak Motivasi [124]
Remaja Dan Narkoba [8]
Otomotif [29]
Puisi [3]
Properti [36]
Pesta Pernikahan [1]
Sejarah [33]
Teknologi [31]

Our poll
Rate my site
Total of answers: 7

Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0

Login form

Main » 2011 » February » 17 » Nanas
6:30 AM
Nanas
NanasNanas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus.

Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Nanas (Pineaplle) punya keunggulan yang sangat bagus. Nanas bisa meluruhkan timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi nanas, tubuh yang semula gemuk perlahan-lahan menjadi langsing.

Buah yang kulitnya dipenuhi sisik emas ini membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih solid. Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta, dan enzi m bromelain yang tersimpan didalam buah nanas merupakan peluru tangguh yang bisa meng-KO serbuan penyakit-penyakit serius, seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri. 

Menurut Dr Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia, enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai anti-radang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation).

Kandungan serat nanas yang cukup tinggi, cocok mengobati sembelit. Makan buah nanas, sama artinya mengonsumsi obat pencahar (konstipasi). Efeknya, buang air besar yang tadinya tersendat, menjadi lancar kembali. Nanas juga cukup baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sakit. Dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat meningkatkan penyerapan obat ke dalam tubuh.

Dibalik semua kebaikan nanas, ada hal yang tetap harus diwaspadai dalam mengkonsumsi nanas. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi nanas dalam jumlah tertentu akan membuat sakit kepala, pusing dan gatal-gatal. Hal ini karena buah nanas memang bisa menjadi salah satu bagian alergi tersendiri untuk orang-orang tertentu. Penyebabnya bisa dari buah nanas yang dimakan kurang bersih, bisa juga memang sudah menjadi alergi sendiri layaknya buah durian. Masalah yang cukup parah akibat alergi nanas, adalah gatal-gatal pada bibir, menjadi bengkak dan kulit yang merah-merah. Lambung bisa menjadi panas karena konsumsi berlebih. Di sarankan selalu memilih terlebih dahulu ketika akan membeli nanas di pasar. Nanas yang baik bisa diteliti dari warna yang masih segar, dan bau manis yang sangat khas.
Category: Ilmu Pengetahuan | Views: 194 | Added by: MrBlue | Tags: Buah Nanas, Pertanian, Fember Sentana, Nanas, Ilmu Pertanian, Artikel Pertanian, Ilmu Pengethuan, Artikel Ilmu Pengetahuan | Rating: 0.0/0

Total comments: 0
Name *:
Email *:
Code *:
Search

Calendar
«  February 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728

Entries archive

Shopping
Shopping

Visitor
free counters

Powered by MyPagerank.Net

Copyright MyCorp © 2016 Free website builderuCoz