Friday, 05.03.2024, 9:42 PM
Mr Blue
Welcome Guest | RSS
Main | Blog | Registration | Login
Site menu

Section categories
Bisnis [67]
Batu Permata [15]
Forex [26]
Herbal [37]
Investasi [18]
Islam [13]
Ilmu Pengetahuan [107]
Keuangan [17]
Kesehatan [47]
Kecantikan [52]
Kata Bijak Motivasi [124]
Remaja Dan Narkoba [8]
Otomotif [29]
Puisi [3]
Properti [36]
Pesta Pernikahan [1]
Sejarah [33]
Teknologi [31]

Our poll
Rate my site
Total of answers: 8

Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0

Login form

Main » 2011 » January » 26 » Cara Manjur Berhenti Merokok
9:10 AM
Cara Manjur Berhenti Merokok
Cara Manjur Berhenti Merokok

Cara Manjur Berhenti MerokokAda beberapa teknik berhenti merokok namun sebelum memilih salah satu tekniknya, hal yang perlu anda lakukan adalah :

Pertama, tentukan niat. Niat adalah suatu keinginan yang akan mendorong seseorang untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan. Tanpa niat, sebuah pekerjaan atau kegiatan tidak akan terlaksana.

Kedua, tentukan alasan mengapa anda harus berhenti merokok. jka anda atau suami belum memiliki alasan berhenti merokok, mungkin anda dapat melihat contoh-contoh alasan berikut yang dapat anda pertimbangkan :


  1. Alasan berhemat, Berapa batang anda menghabiskan rokok dalam sehari? Andaikata anda merokok 1 bungkus sehari, dan anda memutuskan berhenti merokok maka uang yang dapat anda hemat dalam setahun adalah = 1 bungkus rokok x Rp 8000,- x 30 hari x 12 bulan = Rp 2.880.000,-
  2. Ingin naik haji, beli mobil atau beli rumah, Pada no.1 anda telah menghitung berapa uang yang anda hemat dalam setahun. Jika anda berniat naik haji atau beli rumah maupun mobil dan merencanakan hal itu terlaksana dalam 10 tahun ke depan maka uang yang anda hemat dari pengeluaran rokok yang telah dipangkas adalah = Rp 2. 880.000,- x 10 tahun = Rp 28.800.000,- wow, banyak sekali bukan ? mengapa anda tidak tergiur?
  3. Alasan Kesehatan, Setiap manusia akan mengalami kemunduran fungsi fisik seiring bertambahnya umur. Dan rokok akan mempercepat kerusakan organ maupun menimbulkan masalah kesehatan lainnya.
  4. Alasan Haram, Rokok sebagaimana dinyatakan dalam fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) adalah haram hukumnya. Sehingga jika mengkonsumsi barang haram maka akan berdosa.
Ketiga, siapkan pertolongan medis, Pada beberapa orang berhenti merokok akan menimbulkan efek yang tidak menyenangkan dan agak mengganggu. Kemungkinan anda akan membutuhkan pertolongan medis.

Keempat, pilih teknik berhenti merokok yang anda rasa paling cocok untuk anda.

Berikut ini 3 teknik berhenti merokok yang dapat anda pilih.

Satu, berhenti seketika.
Ini adalah teknik yang paling disarankan karena tingkat keberhasilannya paling tinggi. Caranya sangat mudah.  Jauhkan segala perlengkapan merokok seperti rokok, korek api maupun asbak. Dan mulai lah berhenti merokok saat ini dan seterusnya.

Dua, Menunda merokok
Yaitu menunda saat anda mulai merokok dalam sehari. Teknik ini akan membantu anda berhenti merokok dengan membutuhkan waktu 1 minggu. Contoh : apabila biasanya anda /suami anda merokok pada jam 8 pagi setelah  sarapan, maka ditunda menjadi
Hari 1 : pukul 09.00
Hari 2 : pukul 12.00
Hari 3 : pukul 15.00
Hari 4 : pukul 18.00
Hari 5 : pukul 21.00
Hari 6 : pukul 24.00
Hari 7 : sudah tidak merokok

Tiga , Mengurangi  jumlah rokok
Contoh, apabila biasanya anda/suami anda meroko sebanyak 24 batang per hari, maka dikurangi menjadi :
Hari 1 : 24 batang
Hari 2 : 20 batang
Hari 3 : 16 batang
Hari 4: 12 batang
Hari 5 : 8 batang
Hari 6 : 4 batang
Hari 7 : 0 batang (sudah tidak merokok)

Ketiga teknik ini harus diimbangi dengan reward (hadiah) dan punishment (hukuman) agar berhenti merokok dapat berhasil anda capai. Bila anda berhasil menjalankan program ini dalam sehari maka hadiahi diri anda untuk menghargai diri atas keberhsilan yang dicapai.
Begitu pula sebaliknya bila gagal, berikan hukuman. Hadiah dan hukuman diberikan secara bertingkat. Makin anda berhasil makin besar pula nilai hadiahnya. Hadiah tidak harus selalu berupa barang atau uang. Contoh :
Berhasil menunda merokok pada:
Hari kesatu : mendapat pujian dari dari istri/suami
Hari kedua : mendapat kaus kaki baru
Hari ketiga : mendapat pulsa 20.000
Hari keempat : mendapat buku
Hari kelima : mendapat VCD baru
Hari keenam : mendapat makanan kesukaan anda
Hari ketujuh : rayakan keberhasilan anda. Misalnya dengan nonton film bersama keluarga atau  istri.

Bagaimana Peran anda dalam memberikan dukungan kepada suami agar berhenti merokok?
  1. Memberikan informasi pentingnya perilaku tidak merokok
  2. Jangan memberi dukungan dalam bentuk apapun kepada suami dalam hal merokok, misalnya jangan anggarkan rokok dalam belanja bulanan anda, singkirkan asbak dari meja tamu dan tempat lain di dalam rumah. Jangan mau membelikan bila suami menitip dibelikan rokok.
  3. Jangan mengolok-olok jika suami belum berhasil mencapai targetnya dalam mengurangi rokok, tetapi berikan dukungan dengan tulus. Dukungan anda akan sangat berarti baginya.
  4. Melakukan pengawasan atas program berhenti merokok yang diikuti suami dan menerapkan hadiah dan hukuman untuknya.
  5. Bersabar. Karena berhenti merokok butuh waktu lama, dan niat yang kuat. Jika di tengah jalan mengalami kegagalan, maka ulangi, ulangi dan ulangi lagi sampai berhasil.
Category: Remaja Dan Narkoba | Views: 1266 | Added by: MrBlue | Tags: Fember Sentana, Rokok, Artikel Rokok, Cara Manjur Berhenti Merokok, Jenis Rokok, Berhenti Merokok | Rating: 0.0/0

Total comments: 5
5 Lkzjeu  
0
atorvastatin 20mg pill <a href="https://lipiws.top/">atorvastatin cost</a> lipitor order online

4 huntfisherr  
0
Катушка спиннинга - Катушка — один из основных элементов спиннинговой снасти. У современного рыболова есть большой выбор как инерционных, так и безынерционных катушек. В последние годы на наших прилавках появилась новая конструкция катушки, называемая мультипликаторной. прочел тут http://fisherhunter.ru/rybalka/rybolovnye-snasti/snasti-dlia-letnego-yjeniia-ryby/cpinning/katyshka-spinninga.html


держите

3 pozycjonowanie  
0
appropriate you seen this capacious medical close to i without delay liked it and found admissible healthfulness facts

2 Ayu wandira  
0
Mantep

1 Ayu wandira  
0
Mantep juga ni resepnya,thanks

Name *:
Email *:
Code *:
Search

Calendar
«  January 2011  »
SuMoTuWeThFrSa
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Entries archive

Shopping
Shopping

Visitor
free counters

Powered by MyPagerank.Net

Copyright MyCorp © 2024 Free website builderuCoz